Dewi Kumalasari: Sosialisasi Pentingnya Update Data Kependudukan dan Penyerahan KTP Elektronik

BELANEGARANEWS.ID, BINTAN || Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau melakukan sosialisasi terkait pentingnya update data kependudukan dan sekaligus penyerahan KTP-el secara simbolis kepada siswa – siswi usia 17 tahun. SMA Negeri 1 Bintan Utara, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan , Jumat, (18/11/2022).

Dalam rangka kerja kolaborasi Dinas PMD DUKCAPIL Provinsi Kepulauan Riau Bersama Disdukcapil Kabupaten Bintan guna mendukung Inovasi “Perekaman Pemilih Pemula Bintan” PEMILAH INTAN.

Acara penyerahan KTP-el ini dilakukan pada hari Senin 14 November 2022 di SMAN 1 Bintan Utara Kabupaten Bintan, dihadiri oleh Ibu Dra. Hj. Dewi Kumalasari, M.Pd selaku Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bintan, Bawaslu Kabupaten Bintan, dan OPD terkait di Kabupaten Bintan.Senin (14/11/2022) pagi.

Guna meningkatkan cakupan kepemilikan KTP-el di Provinsi Kepulauan Riau, Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri bekerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bintan, termasuk di antaranya adalah SMAN 1 Kecamatan Bintan Utara untuk melakukan pendataan, perekaman dan pencetakan KTP-el.

BACA JUGA :  Bersama Masyarakat, Koramil 04/Jebres Gotong Royong Rehab Rumah Tidak Layak Huni Milik Warga

Misni selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan kepada masyarakat secara masif mengenai pentingnya update data kependudukan melalui berbagai media yang ada offline dan online.

5297341988

Saat ini cakupan kepemilikan KTP-el di Provinsi Kepri sebesar 99,44%, dimana perekaman KTP-el dengan cara jemput bola ke sekolah-sekolah dalam rangka pencapaian 100% kepemilikan KTP

Terkait dengan upaya pemutakhiran data kependudukan secara terus menerus yang merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang berisi kebijakan tata kelola, data.

Dewi juga berpesan agar menambah referensi-referensi pelajaran, dimana saat ini sangat mudah didapatkan dari genggaman HP yang dimiliki pari siswa-siswi.

Anak-anak ibu semuanya harus dapat berperilaku hidup sehat dan tetap menerapkan disiplin yang tinggi, baik dala lingkungan sekolah maupun dirumah,” pesannya.

Lebih rinci Dewi juga menyampaikan beberapa hal, sebagai generasi penerus di Kabupaten Bintan, para pelajar harus menanamkan nilai kejujuran artinya jangan bangga pada saat mendapat nilai bagus tapi hasil mencontek, tetapi berbanggalah ketika mendapat nilai rendah dengan hasil usaha sendiri, jika kebiasaan buruk tersebut ditanamkan akan membentuk karakter yang buruk nantinya.

BACA JUGA :  Istimewa Gubernur Kepri, Ansar Ahmad Menggunakan Dua Mobil Dinas yang Diduga Pelat Palsu Melanggar UU LLAJ

Kedua, tanamkan sikap tenggang rasa, pelajar harus saling menghargai dan menghormati teman yang berbeda keyakinan, karena Indonesia terbentuk dari hasil perjuangan berbagai suku, agama dan ras, jangan pernah lupakan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, sebutnya.

Ketiga, pergunakan waktu dengan bijak artinya disela sela waktu yang luang dirumah pergunakan waktu dengan hal hal yang lebih berguna untuk mengasah keahlian, misalnya mengedit video, belajar main gitar, listening dan menggambar. Manfaatkan smartphone yang dimiliki untuk mengembangkan keahlian.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Dra. Hj. Dewi Kumalasari M.Pd., bertindak sebagai inspektur upacara, di halaman upacara SMA Negeri 1 Bintan Utara.

Kunjungan Dewi ke SMA Negeri 1 ini disejalankan dengan acara Sosialisasi pentingnya update data kependudukan dan penyerahan KTP Elektronik secara simbolis kepada para siswa dan siswi pemula usia 17 tahun dalam rangka kerja kolaborasi DPMD Dukcapil Provinsi Kepri bersama Dukcapil Kabupaten Bintan guna mendukung inovasi Perekaman Pemilih Pemula Bintan.

BACA JUGA :  Giliran Jaksa Berikan "Wejangan" Cegah Radikalisme dan Narkotika

Dalam sambutannya, Dewi mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah SMA Negeri 1 Bintan Utara yang sudah mempercayakan sebagai inspektur upacara .

Kedisiplinan para siswa saat menjalankan upacara, di apresiasi oleh Dewi dimana pandangannya tak lepas kepada kelengkapan atribut yang ditetapkan sekolah kepada siswa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau, Misni saat menyampaikan sosialisasi

5297341988

Dewi juga berpesan agar menambah referensi-referensi pelajaran, dimana saat ini sangat mudah didapatkan dari genggaman HP yang dimiliki pari siswa-siswi.

Anak-anak ibu semuanya harus dapat berperilaku hidup sehat dan tetap menerapkan disiplin yang tinggi, baik dala lingkungan sekolah maupun dirumah,” pesannya.(*)

Galih RM

Bagikan Artikel :
Menyalinkode AMP

Komentar