Harga Cabai Berangsur Turun : Karena Pasokan Melimpah

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Solo, Belanegaranews.id – Harga komoditas cabai di Pasar Legi, Solo terpantau mulai turun drastis sejak sebulan terakhir. Ditingkat pengecer, harga rawit merah yang sebelumnya menyentuh angka diatas Rp 60 ribu per kilogram sekarang hanya Rp 40 ribu/Kg.

“Sabtu kemarin harga jual rawit merah sudah diangka Rp 56 ribu per kilogram. Sekarang kembali turun diangka Rp 40 ribu/Kg,” kata salah seorang pedagang, Murni (55) kepada media, Senin (16/9).

Dirinya menyebut, turunnya harga jual cabai di pasaran karena menyesuaikan harga beli di tingkat pemasok. Menurut informasi yang didapat, turunnya harga jual tersebut karena pasokan mulai berlimpah. Sedangkan dari sisi permintaan stabil dan bahkan berangsur turun. Mengingat selama periode bulan Muharam, masyarakat sedikit yang menggelar hajatan.

Dari pantauan di lapangan, harga berbagai jenis cabai turun harga. Untuk cabai merah besar Rp 18 ribu/Kg, turun jika dibanding bulan sebelumnya di angka Rp 23 ribu/Kg. Cabai merah kriting Rp 35 ribu/Kg, turun dari sebelumnya di angka Rp 50 ribu/Kg. Cabai rawit merah Rp 40 ribu/Kg, turun dari sebelumnya di angka Rp 60 ribu/Kg. Dan cabai hijau besar Rp 14 ribu/Kg, turun dari sebelumnya di angka Rp 15 ribu/Kg.

Sementara itu pedagang ayam kremes di shelter Manahan, Rati (45) mengaku senang dengan turunnya harga cabai. Pasalnya, komoditas tersebut menjadi salah satu bahan baku utama dalam menu makanan yang dijual.

“Semoga harga cabai kembali normal. Karena saat harga menyentuh angka Rp 80 ribu per kilogram kemarin, kita juga kesulitan. Karena biaya produksi meningkat drastis,” tandasnya.

Editor : Catur Haryanto

Banner IDwebhost
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Harga Cabai Berangsur Turun : Karena Pasokan Melimpah"