oleh

Ini Penyebab dan Solusinya, Insentif Kartu Prakerja Tidak Kunjung Cair

BelaNegaraNews.ID, Jakarta – Insentif Kartu Prakerja masih terus disalurkan pada 2022 bagi sejumlah peserta Kartu Prakerja semester II 2021. Namun, sejumlah peserta tersebut didapati mengalami kendala insentif Kartu Prakerja tidak kunjung cair. Ada sejumlah alasan yang menjadi penyebab insentif Kartu Prakerja tidak kunjung cair ke rekening atau e-wallet peserta.

Namun, sebelum itu pastikan terlebih dahulu peserta melihat jadwal pencairan insentif Kartu Prakerja pada fitur “Insentif” di halaman dashboard. Sebab, insentif Kartu Prakerja akan disalurkan ke rekening atau e-wallet peserta sesuai jadwal pencairan yang telah diberikan. Apabila telah melewati jadwal dan insentif Kartu Prakerja tidak kunjung cair, maka terdapat sejumlah penyebab lain.

Adapun penyebab insentif Kartu Prakerja gagal cair, yakni sebagai berikut.

  1. Nomor Rekening atau E-Wallet Tidak Aktif
BACA JUGA :  Pengembang Tagih Janji Jokowi Bangun Rumah untuk TNI-Polri

Salah satu penyebab insentif Kartu Prakerja tidak kunjung cair ialah nomor rekening bank atau akun e-wallet peserta tidak aktif. Hal ini membuat insentif Kartu Prakerja tidak bisa ditransfer.

Untuk itu, peserta bisa mengecek terlebih dahulu apakah rekening bank atau akun e-wallet yang digunakan aktif atau tidak.

  1. Ada Kendala di Bank atau Platform E-Wallet Peserta

Jika telah dilakukan pengecekan ternyata nomor rekening bank atau akun e-wallet masih aktif, maka ada kemungkinan terjadi kendala di bank atau platform e-wallet yang digunakan peserta. Untuk mengatasinya, peserta dapat menghubungi customer service bank BNI sebagai bank penyalur, atau menghubungi platform e-wallet mitra Kartu Prakerja yang digunakan.

BACA JUGA :  Kunjungi Polda Jateng MKD DPR RI Sosialisasikan TNKB dan Apresiasi Penanganan Khilafatul Muslimin

Nomor customer service yang dapat dihubungi, yakni BNI 1-500-046, kemudian OVO 1-500-696, LinkAja 150-911, Gopay (021)5084-9000 serta DANA 1-500-445. Peserta bisa menghubungi customer service tersebut untuk memastikan nomor rekening atau akun e-wallet yang digunakan mengalami kendala atau tidak

  1. Sistem Error

Peserta dapat mengecek apakah muncul notifikasi di dashboard, mengenai insentif Kartu Prakerja gagal cair. Notifikasi tersebut dapat muncul karena disebabkan oleh sistem website www.prakerja.go.id  yang mengalami error. Peserta dapat menunggu 1-2 hari kerja setelah muncul notifikasi insentif Kartu Prakerja gagal dicairkan. Jika sudah muncul notifikasi “Berhasil Ditransfer” pada informasi pencairan insentif, maka insentif sudah berhasil ditransfer ke rekening atau e-wallet peserta. (Red)

BACA JUGA :  Survei TBRC, Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polri 86,2%

 

Banner IDwebhost

Komentar