oleh

Inikah 6 Kandidat Menag di Periode Kedua Jokowi ?

Jakarta , Belanegaranews.id – Enam tokoh berpengalaman di Indonesia diusulkan menjadi Menteri Agama (Menag) di kabinet periode kedua Joko Widodo (Jokowi). Siapa saja ?

Enam tokoh itu berasal dari ratusan nama usulan Detikers lewat survei ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’. Nama-nama itu kemudian ditelaah tim pakar dalam focus group discussion (FGD) dan redaksi detikcom kemudian memfinalisasi enam nama calon menteri di setiap kementerian.

Kini, Detikers kembali punya peran lewat polling ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’. Polling berlangsung pada 10-30 September 2019. Tiga nama yang paling banyak direkomendasikan oleh Detikers ditambah menteri inkumben akan diserahkan kepada Jokowi sebagai hasil dari ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’

Polling ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’ untuk Menteri Agama (Menag) dapat diakses di sini. Detikers cukup memilih di bagian ‘Menteri Agama’, tentukan kandidat yang dinilai tepat untuk mengisi posisi menteri tersebut lalu simpan pilihan.

BACA JUGA :  Safari Terakhir di Idul Adha, Gibran-Teguh Silaturahmi dan Salat Jamaah di PAC PDI Perjuangan Serengan

Siapa saja enam kandidat Menag di Jokowi  ?

Ini nama-nama dan profil singkatnya

Nasaruddin Umar

Prof Dr KH Nasaruddin Umar, MA adalah Imam Besar Masjid Istiqlal, Guru Besar Ilmu Tafsir di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, dan rektor Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Agama (2011-2014).

Komaruddin Hidayat

Prof Dr Komaruddin Hidayat saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) 2019-2024. Sebelumnya, dia adalah rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta untuk masa jabatan dua periode, 2006-2010 dan 2010-2015

Said Aqil Siroj

BACA JUGA :  Sajikan Pemberitaan Positif, Kemenkumham Jateng Raih Penghargaan Terbaik

Prof Dr KH Said Aqil Siroj, MA adalah Ketua Umum PBNU selama dua periode sejak 2010. Said Aqil merupakan salah satu tokoh muslim paling berpengaruh di dunia berdasarkan The Moslem 500 yang diselenggarakan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre, Yordania.

Yahya Staquf

Yahya Cholil Staquf adalah Katib Aam Nahdlatul Ulama (NU) yang pernah menjabat juru bicara presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dia pernah aktif di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan menjabat sebagai Waketum.

TGH Zainul Majdi (TGB)

TGH Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang) adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dua periode yaitu 2008-2013 dan 2013-2018. Sebelumnya, dia merupakan anggota DPR 2004-2009 dari PBB.

As’ad Said Ali

As’ad Said Ali pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di era kepemimpinan Hendropriyono. Dia juga merupakan Wakil Ketua Umum PBNU periode 2010-2015.

BACA JUGA :  Adaptasi Tatanan Normal Baru, Sekretariat Kabinet Atur Pelaksanaan Tugas Kedinasan Pegawai

Komentar

Tinggalkan Balasan