Jelang PAM Nataru 2022-2023, Kapolres Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

BELANEGARANEWS.ID, TANGERANG KOTA || Dalam rangka Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Polres Metro Tangerang Kota menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Rabu (21/12/2022) siang.

Acara rapat berlangsung di Aula Polres Metro Tangerang Kota, dipimpin langsung Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, SH., S.IK., M.Si., dihadiri sebanyak ± 80 orang peserta undangan yang ikuti oleh Walikota Tangerang, Bupati Tangerang, Kodim 0506 Tangerang, Kodim 0510 Tigaraksa, Dinas Kesehatan, Dinas perhubungan, Satpol PP, Pokdar Kamtibmas, Senkom, Gereja, Sub Regional Pertamina dan Jasa Marga.

Kegiatan diawali dengan Paparan kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 oleh Kabagops. Polres Metro Tangerang Kota AKBP Candra Mata Rohansyah, S.IK, M.Si.

BACA JUGA :  Kapolres Metro Tangerang Kota Sebut Pelaksanaan Pengamanan Porprov Banten 2022 Sukses dan Kondusif

Dalam sambutannya Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, inti dari pengamanan pada giat Ops. Lilin 2022 yaitu giat pengamanan ibadah Misa Natal yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 25 desember dan 31 Desember 2022 maupun 1 Januari 2023, serta Pengamanan Perayaan tahun baru 2023 baik arus mudik, lokasi rekreasi, hiburan maupun lokasi perayaan malam pergantian tahun.

Saya berharap dari 2 kegiatan pengamanan ini dapat dilaksanakan dengan baik. Belajar dari kejadian sebelumnya, potensi kerawanan perlu diantisipasi dan diwaspadai. Saya minta kerjasama dan dukungannya karena polisi tidak bisa bekerja sendiri,” tukas Kapolres.

5297341988

Untuk giat pengamanan gereja Kapolres menyebut, ada 213 dari 245 gereja di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, dan giatnya variatif dan waktunya berbeda, tentunya perlu di koordinasikan dan persiapkan dengan baik.

BACA JUGA :  Bentuk Kepedulian Polri Terhadap Penyandang Disabilitas dan Seniman Jalanan

Kami akan lakukan security assestment ke masing-masing gereja, untuk mengetahui situasi gereja, alur masuk dan keluar, jadwal ibadah misa, kapasitas gereja, sarana prasarana keamanan yang dimiliki, cctv, metal detector maupun kelengkapan lainnya dalam mendukung pengamanan maupun antisipasi peningkatan penyebaran COVID-19,” jelasnya.

Lebih Lanjut Kapolres menjelaskan, pihaknya akan menerapkan pola pengamanan menjadi 3 Ring yaitu, Ring 1 tempat ibadah, Ring 2 halaman dan Pagar, Ring 3 diluar lokasi pagar dan Ring 4 masyarakat/orang diluar yang tidak melaksanakan ibadah.

Pada kesempatan ini kami butuh saran masukan dari peserta rapat, guna mengetahui dengan cepat permasalahan yang ada dan dapat diantisipasi segala kerawanan yang akan terjadi” imbuhnya.

BACA JUGA :  Sambut Hari Juang TNI AD Ke 77, Kodim 0727 Karanganyar Gelar Donor Darah

Dalam kesempatan itu, Kasdim 0506 Tangerang Letkol Inf. Fardin Wardana mewakili Dandim sangat mengapresiasi pelaksanaan Rakor yang dilaksanakan pihak Polres Metro Tangerang Kota.

Untuk Jajaran Kodim akan membantu pengamanan dan menyesuaikan ploting sesuai yang dipaparkan oleh Kabag Ops. Polres Metro Tangerang Kota,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan saran dari Panglima TNI bahwa adanya perayaan Nataru 2022-2023 akan menjadi pusat keramaian, agar disediakan area parkir guna memperlancar arus masyarakat.

“Kami (TNI-red) sangat mendukung giat Ops. Lilin 2022-2023,” tandasnya.(G)

(Sri Anna / Nana)

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
Bagikan Artikel :

Komentar