oleh

Bupati Klaten Sri Mulyani Panen Raya Padi Rojolele Srinuk

Bela Negara News, Klaten – Hj. Sri Mulyani Bupati Klaten ,Jawa Tengah melaksanakan pemotongan padi pertama dalam acara panen raya padi Rojolele Srinuk, yang berlokasi di arwa pertanian Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Senin ( 11/10/2021 ).

Padi Rojolele Srinuk merupakan padi unggulan asli dari Kabupaten Klaten yang tidak kalah kwalitasnya dengan jenis padi lainya,baik dari jenis dan trstur rasa padinya juga nilai hasil produksi yang lebih baik. Kabupaten Klaten juga salah satu lumbung padinya Jawa Tengah.

Setelah di tahun 2021 ,melalui banyak pengembangan dan penelitian, Kementrian Pertanian merilis resmi jenis padi Rojolele Srinuk dari Kabupaten Klaten. Sehingga Pemerintah Kabupaten Klaten memperbanyak dan mengembangkan benih padi Rojolele Srinuk dan diujikan kepada Badan Pengawasan dan Sertifikat Benih Jawa Tengah. Dari hasil sertifikasi tersebut, pemerintah Kabupaten Klaten memberikan tiga (3) kelompok tani dengan lokasi pengembangan seluas 100 hektar. Salah satunya sebagai percontohan adalah Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo.
Selain kwalitas rasa, padi rojolele srinuk juga lebih baik dari aspek hasil produksinya,padi rojolele srinuk bisa mencapai 9,75 ton per hektar, lebih unggul dari jenis lainya.

BACA JUGA :  Luka Ringan "Tabrakan" Di Putaran Jalan Lingkar Salatiga

Dalam kesempatan tersebut, Dr. HC Puan Maharani Naksharta Kusyala Devi S.Sos melalui Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani memberikan bantuan berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk kelompok tani.
“Saya berharap kepada masyarakat Kabupaten Klaten khususnya para petani agar menanam benih padi Rojolele Srinuk. Karena dari segi rasa nasinya lebih wangi, dan pulen. Dari hasil produksinya, tidak kalah dengan jenis padi lainya,dan memasyarakatkan dan mengenalkan padi rojolele srinuk agar lebih memasyarakat” kata Sri Mulyani.

BACA JUGA :  Limbah Beracun Milik PHE NSB diduga Mencemari Sungai Leubuk Pusaka Aceh Utara

Sementara itu Kepala DPKPP Kabuaten Klaten ( Ir. Widiyanti M.Si ) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Klaten perihal mengeluarkan Instruksi Bupati Nomer 1 tahun 2021. Perihal seluruh ASN dan pegawai BUMD di Kabupaten Klaten untuk ikut berpartisipasi dan mengkomsumsi beras Rojolele Srinuk.
“Setelah di evaluasi,hasil panen padi Srinuk di Desa Kahuman yang merupakan salah satu percontohan pengembangan benih padi ini.Walau baru 40 hektar yang menanam benih padi Rojolele Srinuk. Dengan nominal hasil panen bisa mencapai 6 juta hingga 7 juta tiap panenya. Karena melalui Kelompok tani tidak melalui penebas dan jumlah isi padi pada batang lebih banyak ” kata Kepala Desa Kahuman Ida Andung S.Pd.

BACA JUGA :  HIPMA Gowa Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Luwu Utara

Turut hadir dalam panen raya Padi Rojolele Srinuk mendampingi Bupati Klaten diantaranya Ka. DPKPP, Assisten II, Sekretaris Daerah,Camat Kecamatan Polanharjo, Kapolsek Polanharjo, perwakilan dari Jasindo. (Red)

1

Komentar

Tinggalkan Balasan