Pemuda Desa Sukasari Sulap Sampah Menjadi Tabungan Warga

banner 468x60

Lebak | BNNEWS – Pemuda Desa Sukasari Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten telah membuat Bank Sampah untuk tabungan para warga. Di mana setiap warga desa bisa menabung tapi bukan menggunakan uang, melainkan menggunakan sampah-sampah yang bernilai ekonomis dan bisa didaur ulang.

Menurut Mahrom Milak selaku Pemuda Kampung Malangnengah Desa Sukasari yang merupakan penggagas ide pembuatan Bank Sampah ini saat diwawancarai oleh Awak Media mengungkapkan, bahwa hal ini merupakan upaya untuk menghilangkan kebiasaan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke pinggir jalan atau ke aliran sungai.

“Kami membuat Bank Sampah agar dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan di tepi jalan atau di aliran sungai.” Ungkapnya pada Hari Selasa (21/7/2020)

Kemudian Mahrom juga memaparkan, bahwa setelah adanya Bank Sampah kini pola hidup masyarakat mulai berubah, karena masyarakat mulai bisa memilih. Mana sampah yang bisa dijual dengan cara menyetorkannya ke Bank Sampah, dan mana sampah yang layak dibakar. Sehingga kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan kini mulai berkurang.

“Dan kini antusias masyarakat Desa Sukasari terlihat jelas, setiap harinya datang berbondong-bondong untuk menyerahkan sampah ke Bank Sampah yang Kami kelola. Adapun hasil tabungannya setelah dirupiahkan maka masyarakat bisa mengambilnya kapan pun.” Papar Mahrom yang merupakan aktifis penggiat kebersihan lingkungan di Kabupaten Lebak.

Sementara itu menurut Padil selaku ketua Pemuda Muslimimin Kabupaten Lebak dan Romi Romdana selaku Sekjen Pemuda muslimin Kabupaten Lebak, pihaknya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Lebak agar memberikan bantuan. Baik berupa peralatan ataupun biaya stimulan untuk mendukung kegiatan Bank Sampah ini.

“Kami meminta kepada Pemkab Lebak agar mengapresiasi dan memberikan bantuan stimulan atau pinjaman modal. Karena ini jelas merupakan kreatifitas anak muda di Desa Sukasari yang telah melakukan terobosan dengan cara mendirikan Bank Sampah. Hal ini patut dijadikan contoh oleh anak muda di zaman modern seperti sekarang ini.” Tutur Mereka. (Mujahidin)

SHARE :
Banner IDwebhost
banner 468x60
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemuda Desa Sukasari Sulap Sampah Menjadi Tabungan Warga"