Penunjukan Wakil Menteri Tak Langgar Undang-Undang

Banner IDwebhost

Belanegara.id, Jakarta – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo menyebut bahwa penunjukan para wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju tidak kontradiktif dengan semangat reformasi birokrasi. Menurut dia, penunjukan wakil menteri juga merupakan hak prerogatif presiden.

“Enggak ah. Menurut saya, presiden memiliki kewenangan dan memiliki hak prerogatif dalam menyusun pembantu-pembantunya dalam mencapai target-target pembangunan yang memang sudah diputuskan,” kata Bambang usai menghadiri festival budaya yang diselenggarakan Pemuda Indonesia Bersatu (PIB) di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Mantan politikus Partai Golkar yang akrab disapa Bamsoet menegaskan bahwa keberadaan wakil menteri tidak melanggar aturan yang ada. Bahkan, penunjukan wamen kata dia, telah sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Menurut saya tidak ada yang dilanggar karena soal jabatan wamen, birokrat sudah diputus di MK. Jadi, memberi keleluasaan kepada presiden untuk menggunakan hak prerogatifnya dalam menyusun para pembantunya,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan nama-nama Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. Di dampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Jokowi membacakan satu-satu nama wakil menteri periode 2019-2024.

Sama seperti saat mengumumkan menteri, Jokowi juga memperkenalkan 12 wakil menterinya sambil duduk lesehan di tangga Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.

Berikut susunan lengkap 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024:

Wakil Menteri Luar Negeri: Mahendra Siregar

Wakil Menteri Pertahanan: Sakti Wahyu Trenggono

Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhis Saadi

Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara

Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga

Wakil Menteri PUPR: Wempi Wetipo

Wakil Menteri Lingkungan Hidup: Alue Dohong

Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal: Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Agraria Tata Ruang dan Wakil Kepala BPN: Surya Chandra

Wakil Menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin dan Kartiko Wirjoatmodjo

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Herliani Tanoesoedibjo

Banner IDwebhost
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Penunjukan Wakil Menteri Tak Langgar Undang-Undang"