PKS Buka Peluang Tolak Empat Nama Cawagub DKI dari Gerindra

Banner IDwebhost

Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman

Jakarta, BNNews – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman membuka kemungkinan menolak seluruh empat nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta yang diajukan rekan koalisi mereka, Partai Gerindra.

Sohibul berkeras PKS punya wewenang terkait pengisian posisi wagub DKI. Sohibul mengingatkan sebelumnya sudah ada kesepakatan antara PKS dengan Gerindra soal pengganti Sandiaga Uno.

“PKS tolak empat-empatnya juga bisa, engak ada masalah. Itu semuanya tergantung PKS,” kata Sohibul saat ditemui usai lawatan ke Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta.

Meski begitu, Sohibul enggan menjabarkan secara rinci rencana PKS tentang kursi DKI 2. Sohibul hanya hanya mengatakan pembahasan cawagub DKI masih berlangsung. Bahkan ia menyebut PKS tak memberi batas waktu pembahasan kursi wakil gubernur ke Gerindra.

Lihat juga: PKS Target Wagub DKI Terisi Sebelum Tahun Baru

“Kita sedang mengkaji,” ucapnya.

Kursi Wakil Gubernur DKI kosong usai Sandiaga Uno memutuskan mundur dari posisi tersebut pada Agustus 2018. Ketika itu Sandi memutuskan maju Pilpres 2019 bersama Prabowo Subianto.

Usai polemik berkepanjangan, PKS dan Gerindra setuju untuk mengajukan dua nama yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun hingga kini belum ada keputusan meski DPRD sudah membentuk pansus terkait hal tersebut.

Kemudian Partai Gerindra menyodorkan empat nama baru pengganti Sandiaga. Mereka adalah Sekda DKI Jakarta Saefullah, Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono, dan Ketua DPP Partai Gerindra Riza Patria.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco menyebut empat nama yang disodorkan Gerindra lantaran PKS juga sudah merevisi dua nama yang dicalonkan sebelumnya.

“Pada Agustus 2019 PKS telah mengirim surat kepada Gerindra dengan mengajak Gerindra untuk mengganti nama calon dengan dua nama yaitu Adhyaksa Dault dan Nurmansyah Lubis,” kata Dasco.

“Namun baru seminggu kemudian surat tersebut ditarik kembali. Surat tersebut ditandatangani Presiden PKS dan Sekjen, lalu Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo dan Agung Yulianto sebagai sekretaris.

Lantaran ketiadaan usulan baru tersebut, kata Dasco, Gerindra berinisiatif mengirim surat kepada DPP PKS untuk mengusulkan calon pengganti wagub sehingga muncullah empat nama pengganti. (Red)

Banner IDwebhost
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PKS Buka Peluang Tolak Empat Nama Cawagub DKI dari Gerindra"