oleh

Prodi Teknik Elektro Universitas Sutomo Memberikan Edukasi terkait Instalasi penerangan jalan umum(PJU)

BELANEGARANEWS.ID, PANDEGLANG II Seiring dengan perkembangan suatu desa khususnya desa Kadudodol, tak pernah lepas dari adanya aktifitas rutin siang dan malam. Aktifitas seperti berdagang, beribadah, bertani, pendidikan dan aktifitas bidang lainnya. Bila ada aktifitas pada malam hari maka perlu adanya prasarana penerangan jalan umum, sehingga mengurangi resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan pada malam hari. Sistem penerangan jalan perlu direncanakan dengan baik agar sistem tersebut bekerja dengan efektif dan efisien serta memberi kenyamanan pada pengguna jalan umum.

Jalan Kampung Kalahang Masjid dan Karag RT.009 RW.04 Desa Kadudodol terdapat banyak titik jalan yang gelap pada malam hari, gelap karena rusaknya banyak penerangan jalan umum yang sudah ada dan kurangnya titik penerangan jalan umum. oleh sebab itu perlu adanya perbaikan dan penambahan titik penerangan jalan umum guna keselamatan dan kenyamanan warga sekitar.

Berdasarkan uraian diatas, maka Dosen beserta Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Sutomo memutuskan untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Kalahang Masjid dan Karag Desa Kadudodol RT.009 RW. 04 Kecamatan Cimanuk Pandegalang Banten. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2022 tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan pada 28-29 Agustus dan 04-05 September 2021, pada kegiatan sebelumnya di lokasi yang sama telah dilakukan instalasi Penerangan Jalan Umum (PJU).

BACA JUGA :  Anggota Kodim Brebes Di Periksa Kendaraan Pribadi Maupun Dinasnya

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program pengabdian yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bagaimana melakukan perawatan terhadap instalasi Penerangan Jalan Umum (PJU) yang sudah dipasang sebelumnya, sekaligus kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi antara Universitas Sutomo dengan masyarakat RT.009 RW.04 Desa Kadudodol.

Melalui kegiatan ini diharapkan wawasan dan keterampilan warga setempat didalam pengetahuan tentang K3 listrik. Permasalahan bahwa warga sekitar masih awam atau kurang memahami cara memperbaiki dan mengantisipasi pada saat melaksanakan perbaikan instalasi listrik yang diperuntukkan sebagai sarana pembelajaran atau praktik warga.

5297341988

Pelaksanaan PKM dilaksanakan pada hari Minggu 15 Mei 2022, di Aula Pesantren Kahalang masjid dan Karag RT. 14, RW. 13, Desa Kadudodol, Kec. Cimanuk, Kab Pandeglang – Banten. Acara presentasi K3 pada PKM dimulai dari pukul 08.00 s/d 13.00 WIB. Acara diawali dengan pembukaan dan do’a oleh Sdr Rizki Maulana, kemudian sambutan dari pihak terkait yaitu Bp. Dr. H. Engkos kosasih selaku sesepuh setempat. Dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari perwakilan Program Studi Teknik Elektro Universitas Sutomo, Firman Amir, S.T., M.Kom., selaku Dosen Teknik Elektro. Selanjutnya acara di teruskan sampai dengan selesai.

BACA JUGA :  Persit KCK Koorcab Rem 064 PD III Siliwangi Melaksanakan Ziarah di TMP Ciceri.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa Pelatihan Implementasi Listrik dan cara pemasangan lampu jalan umum di Kampung Kalahang Masjid dan Karag Desa Kadudodol dapat dijabarkan sebagai berikut :

Penjabaran tentang Implementasi K3 listrik di yaitu dengan cara menerapkan keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja dalam pemasangan Instalasi listrik.
Penjabaran tujuan K3 pada lingkungan kerja
Pengenalan bahaya pada area kerja
Pengenalan Alat pelindung Diri (APD) untuk instalasi peralatan listrik.
Penyuluhan bahaya listrik, pencegahan dan cara penanggulangannya.
Simulasi instalasi listrik rumah yang baik dan benar.

BACA JUGA :  Polsek Tombolopao Amankan Kunjungan Kementan, Pangdam XIV Hasanuddin bersama Rombongan

Dari kegiatan tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa kerjasama team dan perencanaan yang matang antara Civitas Academica Universitas Sutomo dan Masyarakat sangat di butuhkan dalam melakukan suatu pekerjaan yang melibatkan orang banyak seperti kegiatan PKM tersebut. Dengan adanya perbaikan dan pemasangan lampu penerangan jalan umum sangat bermanfaat bagi warga setempat khususnya warga Kampung Kalahang masjid dan Karag RT. 009, RW. 04 Desa Kadudodol, Kec. Cimanuk, Kab. Pandeglang-Banten.

( Red : Galih RM )

 

Komentar