oleh

Sederet Bansos yang akan cair di Bulan Oktober 2021

BelaNegaraNews.ID, Jakarta | Daftar bansos yang dijadwalkan masih cair bulan Oktober 2021, lengkap cara mendaftar dan mengecek nama penerima.

Memasuki bulan Oktober 2021, pemerintah terus berupaya mendorong masyarakat agar tetap dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Berbagai cara dilakukan, termasuk menyalurkan beberapa bantuan sosial atau bansos sebagai stimulus ekonomi warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan yang diberikan dalam berbagai bentuk misalnya uang tunai, pemberian pelatihan, subsidi gaji, subsidi listrik hingga pemberian langsung bahan pokok.

Adapun daftar bansos yang masih akan dicairkan pemerintah di bulan Oktober 2021 yaitu :

  1. BLT Anak Sekolah

Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan program subsidi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi anak sekolah yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Bansos PKH Kemensos disalurkan mulai Januari, April, Juli lalu dan akan cair lagi pada Oktober 2021 melalui BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

Besaran subsidi BLT khusus anak sekolah akan diberikan berdasarkan jenjang atau tingkatan. Dimulai dari pelajar SD diberi bantuan Rp 900.000/orang. Pelajar SMP/MTs Rp 1.500.000/orang, dan pelajar SMA/MA mendapat Rp 2.000.000/orang.

BACA JUGA :  Suara Mahasiswa Hingga Guru Besar Tolak Revisi UU KPK

Syarat mendapatkan BLT anak sekolah 2021 yaitu memiliki Kartu Indonesia Pintar, terdaftar di lembaga pendidikan formal atau non-formal, penerima wajib terdaftar di Data Pokok Pendidikan Lembaga Pendidikan.

Apabila pelajar tidak memiliki KIP, maka dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas pendidikan setempat. Bagi yang tidak memiliki KKS, bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu di RT/RW atau kelurahan domisili.

  1. Bantuan Kuota

Pemerintah bulan Oktober tetap memberikan bantuan paket kuota data internet. Bantuan kuota internet diberikan 3 kali selama 4 bulan dari September sampai dengan Desember 2021.

Bantuan kuota tersebut merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Besaran kuota yang diberikan bervariasi sesuai jenjang pendidikan. Info lengkap terkait bantuan kuota dapat dicek di https://kuotadikti.kemdikbud.go.id/

  1. Kartu Prakerja
BACA JUGA :  100 Hari Kerja Kapolri Dinilai Memiliki Semangat Kepolisian yang Demokratis

Program Kartu Prakerja saat ini sudah memasuki gelombang 21, Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu  mengatakan bahwa kemungkinan masih akan dibuka Prakerja Gelombang 22 dengan memanfaatkan sisa anggaran dari kepesertaan yang dicabut.

“Kami terus memantau kepesertaan yang dicabut dari gelombang 18-21 karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos sebagai peserta Prakerja,” ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja merupakan salah satu program bantuan pemerintah untuk meningkatkan skill pencari kerja dengan mengikuti program pelatihan yang dibayarkan pemerintah. Tak hanya itu, peserta yang lolos juga mendapatkan insentif  Rp 600 ribu yang diberikan sebanyak empat kali pencairan.

Untuk memperoleh bantuan ini, Anda bisa mendaftar di gelombang 22 dengan mengakses www.prakerja.go.id.

  1. Subsidi Gaji

BLT subsidi upah atau disebut BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan tahap 4 dan 5 senilai Rp1 juta akan cair hingga bulan Oktober.

BACA JUGA :  Simak Tips Lolos Seleksi agar Dapat Rp3,55 Juta Dari Kartu Prakerja Akhir Januari 2022

Rencananya BLT BSU tahap 4 dan 5 Rp 1 Juta bakal cair lagi kepada 4,1 juta karyawan melalui rekening bank Himbara hingga Oktober mendatang.

Bantuan subsidi gaji ini hanya diberikan kepada pekerja yang berada di wilayah pemberlakuan PPKM level 3 dan 4 dan terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Selanjutnya……………Halaman 2

1

Komentar

Tinggalkan Balasan