Soal Meninggalnya HK, PB IKKATT Bakal Tuntut RSUD Haulussy Ambon, Dan Ketua Gugus Covid

Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Ambon | BNNEWS – Terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh anak dari Almarhum Hasan Keiya (HK), diruang sidang paripurna DPRD Provinsi Maluku pada kamis 9 juli lalu telah menjadi perhatian khusus PB Ikatan Kerukunan Keluraga Tehoru Telutih (IKKATT).

“Dalam hal ini, politisi senior Serwan Mualo selaku Ketua PB IKKATT Provinsi Maluku menegaskan kepada pihak terkait Pimpinan Direktur RSUD Dr. Haulussy Ambon terntang proses pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haulussy sangat tidak maksimal dalam mengurus pasien Almarhum Hasan Keiya (HK) Mantan Raja Negeri Wolu, Mantan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah 2014-2019 dapil 3 Tehoru – Telutih – Banda. Anak almarhum Sahal Keiya juga menambahkan bahwa, Almarhum yang dirujuk dari RSUD Masohi ke RSUD Haulussy Ambon untuk menjalani operasi tumor rektrum dibagian belakang. Selain itu juga, almarhum menderita komplikasi penyakit sehingga membuat beliau lumpuh sehingga pihak RSUD Memvonis Almrahum terpapar Covid – 19.

” SM juga menambahkan bahwa, saat Almarhum mau dipindahkan ke ruang isolasi khusus covid 19, Keluaga Almarhum sempat dimintai tanda tangan dari pihak tenaga medis yang bertugas di RSUD Haulussy Ambon dengan alasan, ayo kalian harus tanda tangan, tidak usah baca, tanda tangan saja. setelah ditandatangani oleh keluarga Almarhum HK, para tenaga medis pun langsung membawa pasien ke ruang khusus isolasi penanganan Covid 19.” pungkas SM ditengah sidang paripurna.

“Anak Almarhum mengatakan, ini pembunuhan. Ayah saya meninggal bukan karena covid 19, beliau meninggal karena terkonfirmasi menderita tumor rektrum yang sudah mengakar dibagian tulang punggung belakang sehingga membuat Almarhum tak berdaya. Jika benar ayah saya diduga meninggal karena covid 19 maka saya dan ke dua saudara perempuan saya sudah terpapar perlu digaris bawahi karena hampir 1 bulan kami kontak dengan Almarhum di rumah sakit.

“Lanjut dia juga, setelah dia bersama ke dua adiknya menjalani rapid tes dua kali dalam satu jam di ruang penyidik Polresta Ambon terakit insiden yang terjadi di Jalan Jenderal Sudirman , Batu Merah Atas, Kecamatan Sirimau Kota Ambon,pada 26/7/20 sehingga kami bersedia menajlani rapid tes sesuai prosedur tapi hasilnya non reaktif, hasil swab yang keluar juga sama nonreaktif. “jelas Sahal

“Dalam sidang tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Direktur RSUD Dr. Haulussy Ambon, Dokter S
spesialis ruang isolasi covid 19, Sekretaris Dewan (Sekwan) Provinsi Maluku, PB IKKATT Provinsi Maluku, Dan Pimpinan Sidang Wakil Ketua Provinsi Maluku di gedung DPRD Karang Panjang Ambon Kamis 9/7/20.

“Selain itu juga, Ketua PB IKKATT meminta kepada DPRD Provinsi Maluku agar mengatur agenda pertemuan ulang dengan Ketua Gugus Covid Provinsi Maluku, Kasrul Selang yang juga merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) sesuai waktu yang akan ditetapkan. Karena ada poin-poin penting yang harus kami dari PB IKKATT untuk menanyakan/ mengklarifikasi tentang komentar yang disampaikan oleh Ketua Gustu Harian kepada Media Elektronik Swasta Nasioal saat ditanyakan bahwa, apa benar Almarhum meninggal karena Covid 19? Jawab Sekda: Iya benar, Almarhum meninggal karena Covid 19.” tegas SM kepada Pimpinan Sidang yakni” Melkianus Sairdekut.

“Kata SM PB IKKATT Akan menuntut Ketua Gustu dan Pihak RSUD Haulussy Ambon untuk mempertanggungjawabkan terkait komentar kepada Media Eloktronik Swasta Nasional saat ditanya oleh Wartawan.”ujar SM sosok politisi asal Telutih ini.

“Selain itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Hidayat Samalehu bahwa Kami PB Ikatan Kerukunan Keluarga Tehoru Telutih mengutuk keras atas tindakan pelayanan sejumlah tenaga medis RSUD Haulussy Ambon yang diduga tidak maksimal, maka kami selaku PB IKKATT meminta kepada Lembaga DPRD Provinsi Maluku agar segerah copot Kepala Direktur RSUD Dr. Haulussy Ambon dari jabatanya.” tegas Wasekjen dalam gelar rapat paripurna di Kantor DPRD Provinsi Maluku pada 9 Juli lalu. ( Halid – S)

Banner IDwebhost
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Soal Meninggalnya HK, PB IKKATT Bakal Tuntut RSUD Haulussy Ambon, Dan Ketua Gugus Covid"