Solo beraksi untuk Palestina, Bakar “Bendera” Israel

banner 468x60

Bela Negara News, Solo | Ratusan orang yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Solo (Hamas) menggelar aksi solidaritas untuk negara Palestina di Bundaran Gladak, Solo, Jum’at, 21 Mei 2021. Dalam aksi itu, mereka juga menginjak dan membakar kertas bergambar bendera Israel.

Massa terlihat mengibar-ngibarkan bendera Palestina selama aksi simpatik untuk solidaritas Palestina. Selain itu, peserta demo juga membawa poster yang bertuliskan dukungan kepada perjuangan negara Palestina serta kecaman terhadap negara Israel.

Bahkan, sejumlah perwakilan dari elemen umat Islam tampak menyampaikan orasi terkait dukungannya terhadap perjuangan rakyat Palestina. Tak hanya itu, sejumlah anak kecil terlihat menginjak-injak kertas bergambar bendera Israel.

Juru bicara Hamas, Endro Sudarsono, mengatakan aksi demo dukungan untuk negara Palestina itu dilakuan oleh Hamas dan sejumlah elemen mahasiswa di Solo. Selain menggelar orasi dan tausiyah, demo tersebut juga dibarengi dengan aksi penggalangan dana untuk bangsa Palestina.

“Aksi solidaritas ini ditujukan untuk bangsa Palestina. Kita sangat mengecam tindakan militer Israel yang membobardir kepada rakyat Palestina yang sedang melaksanakan tarawih dan iktikaf,” kata dia di sela-sela aksi di Bundaran Gladak, Solo, Jumat, 21 Mei 2021.

Menurut dia, pihaknya sangat mendukung keputusan pemerintah Indonesia yang telah melaksanakan kewajiban konstitusinya, yakni penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai perikemanusiaan dan perikeadilan.

“Sejak era Pak Soekarno hingga Pak Jokowi bahwa bangsa dan rakyat Indonesia konsisten terhadap antipenjajahan. Kita berharap dari Pak Jokowi bantuan kesehatan, tim medis hingga infrastruktur untuk bangsa Palestina,” katanya.

Selain itu, Endro meminta Presiden Jokowi untuk melalukan lobi-lobi kepada dunia internasional agar menghentikan aksi Israel di negara Palestina. Ia pun berharap dunia muslim mengutuk dan menghentikan penjajahan Israel atas bangsa Palestina.

“Kita berharap dari Pak Jokowi untuk lobi-lobi internasional termasuk PBB, OKI maupun hubungan bilateral lainnya untuk menghentikan aksi Israel di Palestina,” ujarnya.

Setelah orasi demo selesai, aksi tersebut dilanjutkan dengan pembakaran kertas bergambar bendera Israel. Massa pun bersorak ketika ‘bendera’ Israel itu dibakar di depan ribuan peserta demo. (Red)

1
SHARE :
Banner IDwebhost
banner 468x60
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Solo beraksi untuk Palestina, Bakar “Bendera” Israel"