Wisata Religi Mbah KY NURKAYIN & Mbah KY NURKALAM di Desa Lowa kec Comal Merupakan cagar budaya Yg perlu di lestarikan dan di Uri Uri Masyarakat Desa Lowa

banner 468x60

BelaNegaraNews.IdPemalang-Desa Lowa kec.Comal kab.Pemalang Siang tadi tgl (30/3/21) Awak media  menyambangi Bapak Makmuri Selaku 

Kepala desa lowa dikantornya siang tadi. Kedatangan awak media ini sebatas mengkonfirmasi terkait adanya Wisata religi berupa Makam “Mbah Kiyai Nurkayin” dan “Mbah kyai Nurkalam. 

Ketika dikonfirmasi oleh awak media kepada  kades terkait makam yang berada didesa lowa ini, “menurutnya, Mbah Kiyai Nurkayin dan Mbah ky Nurkalam, dimakamnya sering di setiap Jum’at Kliwon  gunakan Yasinan, Tahlilan dan doa Bersama dan setiap bulan LEGENO di adakan Slametan, Sedekah bumi  dan setiap Awal Oktober-Maret  (Okmar)  tiap tahun juga diadakan MP pertanian yaitu masa tanam awal pertanian di lakukan juga Nyadran.

Makmuri berharap kepada semua pemerintah desa (Pemdes) agar bisa bersama sama menjaga kelestarian cagar budaya utamanya makan yang menjadi maskot desa Lowa.

Harapannya Makmuri selaku pemerintah desa untuk semua warga dan masyarakat, kami berharap agar ikut berperan aktif demi menjaga dan melestarikan dan menghormati makam leluhur kita, tuturnya dihadapan Awak media.

Makmuri katakan, kita semua tetap berkeyakinan dan meminta pertolongan dari Allah SWT yang menciptakan alam semesta dan dan isinya nikmat dunia dan Akhirat.

Untuknya itu di tahun 2021 ini saya selaku Kades desa lowa sekali lagi berharap dengan banyaknya bangunan fisik agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di desa kita yaitu: Allakul Karimah serta menciptakan kebersamaan dengan membangun hubungan yang baik sesama warga dan menciptakan swadaya/gotong royong agar desa kita ini maju dan damai.

Terkait dana desa (DD) Anggaran dana Desa (ADD) sampai ketingkat RT/RW agar selalu dijalankan sesuai prosedural secara transparansi dan akuntable.

Ditempat yang sama M.Anwar selaku kepala dusun (kadus)1 saat di konfirmasi di Makam Mbah Kayin dan Mbah Nur menjelaskan, “bahwa beliau juga adalah slah satu Tunggul Desa Lowa,

M.anwar katakan ini sudah turun temurun  sebelum dia lahirpun budaya seperti itu sudah ada dan semoga masyarakat desa Lowa bisa menjaga kelestarian cagar budaya di makam Mbah kayin, ungkapnya.(*/)Zaenal

 

SHARE :
Banner IDwebhost
banner 468x60
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Wisata Religi Mbah KY NURKAYIN & Mbah KY NURKALAM di Desa Lowa kec Comal Merupakan cagar budaya Yg perlu di lestarikan dan di Uri Uri Masyarakat Desa Lowa"